Kamis, 15 Oktober 2015

Trik Mengurangi Pemaikaian Bahan Bakar Mobil Matik



Pada perkembangan jaman untuk jalan raya mobil merupakan sebuah alat transportasi yang beroda empat di mana, dari jaman ke jaman mobil di pergunakan untuk melakukan perjalanan jauh. Tapi saat ini dan jaman sudah maju mobil di pergunakan sebagai alat mejeng dan alat yang di pergunakan sebagai penanda bahwa sang pemilik memiliki ekonomi yang mampu.

Mobil dari permulaan nya adalah mobil yang ber suspense manual, Seiring waktu dari waktu ke waktu, mobil bersuspesi manual sudah tidak musim lagi kebanyakan manusia dan orang-orang bermigrasi ke mobil matik untuk saat ini. Dimana mobil matik di anggap lebih efisien dan sangat mudah di kendalikan apalagi saat ini jalanan di pusat kota mengalami macet yang luar biasa mobil matik adalah andalan para pengusaha yang tidak mau kelehan dalam berpergian dan perjalanan bagi pengendara nya.

Namun, ada factor yang menyebabkan si mobil matik ini menjadi  masalah dan menjadi kendala dalam memilikinya, banyak yang berpendapat bahwa mobil matik ini sangat boros dalam penggunakan bahan bakar di banding dengan mobil manual.

Alasan dan penyebab orang bilang mobil matik lebih boros bahan bakar karena satu factor yaitu mobil matik dalam pengoperasian mesin menggunakan fluida untuk mentransfer tenaga melalui torque converter. Saat perpindahan gigi, sebagian tenaga (torsi) digunakan untuk meningkatkan tekanan fluida.

Meski demikian, Anda yang menjatuhkan pilihan pada mobil matik tak perlu risau. Sebab, Anda bisa menerapkan beberapa tips agar irit bahan bakar. Tentunya apabila Anda menggunakan teknik dan cara mengemudi yang tepat. Berikut seperti yang disampaikan situs resmi Toyota:

1. Tekan pedal gas perlahan
2. Perhatikan posisi RPM
3. Kecepatan yang konstan
4. Perhatikan jarak aman
5. Saat terjebak kemacetan

Apabila Anda terjebak kemacetan, Anda bisa menempatkan tuas transmisi pada posisi 2/S, yang berarti kendaraan sedang melaju dalam kecepatan gigi 1-2 pada transmisi manual.

Pada posisi ini, terdapat engine break yang fungsinya melakukan pengereman mesin. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu sering menginjak pedal rem. Namun jika macetnya karena Anda menunggu lampu lalu lintas, maka sebaiknya pindahkan saja tuas ke posisi N (Netral), sehingga kendaraan akan berhenti melaju.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar